Praktikum Jaringan – Kriptografi dengan Kunci Private

Praktikum Jaringan (29-08-2012).

UNP (CIO) – Penggunaan satu kunci ini membuat sistem pengamanan data tadi disebut private-key cryptosystem, atau sistem kriptografi berbasis kunci privat. Penekanan ada pada kata “privat”, dimana kunci ini harus dirahasiakan, privat. Selain itu sistem ini juga disebut symmetric cryptosystem, atau sistem kriptografi simetris karena kunci yang dipakai untuk proses enkripsi sama dengan kunci yang digunakan pada proses dekripsi. Simetris. Dalam aplikasinya, sistem kripto kunci privat ini memiliki beberapa masalah.

Kunci Private (punya kita sendiri) dan dalam jaringan cuma ada satu. Pola penyandian kunci Private dan Kunci Public (misalnya dalam aplikasi email dsb). Contoh software PGP (sebelum menggunakannya harus menentukan Kunci Private dan Kunci Public terlebih dahulu). Apa itu PGP?, PGP (Pretty Good Privacy) adalah program enkripsi yang memiliki tingkat keamanan cukup tinggi dengan menggunakan “private-public key” sebagai dasar autentifikasinya.

Program PGP yang dibuat oleh Phill Zimmermann ini memiliki 2 versi yaitu  “USA version” dan “International version”. PGP versi USA hanya bisa digunakan di wilayah USA dan oleh warganegara USA saja. Versi USA ini menggunakan algoritma RSA (yang telah menjadi hak paten) dalam enkripsinya. Sedangkan versi International menggunakan algoritma MPILIB yang diciptakan khusus oleh Phill Zimmermann sendiri.

Pada dasarnya, PGP merupakan program yang digunakan untuk mengenkripsi satu atau lebih dokumen. Dengan PGP tersebut, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membaca file-file enkripsi tersebut.

Berikut ini ilustrasi pengiriman email dengan PGP :

Contoh penggunaan kriptografi kunci private (catatan masing-masing harus ada sepasang yaitu Kunci Private dan Kunci Public dan Kunci Private hanya ada pada dirinya sendiri), sebagai berikut (ilustrasi dalam jaringan komputer) :

A ===> B (Keterangan : pada A harus ada Kunci Private a dan pada B ada Kunci Public A).

B ===> G ===> H (Keterangan : pada B harus ada Kunci Private b, dan pada G harus ada Kunci Private G dan pada G ada Kunci Public b dan h).

G ===> H (Keterangan : pada G harus ada Private g, dan pada H ada kunci Public g)

dan seterusnya,

Untuk selengkapnya pelajari dan perhatikan ilustrasi dibawah ini, selamat menikmati!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: