Aplikasi e-LAKIP Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah berbasis Elektronik (e-LAKIP) merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Informasi dan Otomasi Administrasi Negara – Lembaga Administrasi Negara (Puslitbang SIOAN–LAN) yang mulai dibangun sejak tahun 2009. Puslitbang SIOAN berinisiatif membangun e-LAKIP dengan harapan dapat membantu instansi pemerintah yang berkewajiban untuk membuat laporan akuntabilitas kinerjanya. yang perlu diperhatikan sebelumnya aplikasi e-LAKIP hanya dapat membantu instansi pemerintah untuk membuat laporan AKIP tetapi mengenai isi dari LAKIP nya sendiri tergantung pada instansi yang bersangkutan.

Berdasarkan perkembangan terakhir dari peraturan yang berlaku yakni PerMenPAN No 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan dan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, data dukung yang dibutuhkan dalam penyusunan LAKIP tersebut adalah Rencana Strategis, Rencana Kinerja, Penetapan Kinerja. Untuk LAKIP yang baik diperlukan data yang benar dan tepat bukan hanya sekedar kegiatan yang dilakukan oleh instansi. E-LAKIP itu sendiri juga membutuhkan data LAKIP yang benar dan tepat dari instansi tersebut, karena hanya sebagai alat mempercepat penyusunan LAKIP bukan memperbaiki hasil LAKIP.

Pengembangan e-LAKIP LAN sempat terhenti pada tahun 2011 dimana tepat pada akhir tahun 2010 diterbitkan PerMenPAN No 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan dan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Dengan diterbitkannya peraturan ini maka aplikasi tersebut harus dibangun ulang agar sesuai dengan peraturan tersebut. Dengan begitu aplikasi yang sebelumnya sempat dibangun sebelumnya tidak dapat digunakan. Setelah dilakukan pembangunan ulang dan revisi pada tahap penggunaan aplikasi dengan segala kekurangan dan kelebihan yang ditawarkan maka disosialissikanlah e-LAKIP ke instansi pemerintah pusat/daerah untuk membantu penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).

Sebagai alat untuk mempercepat penyusunan LAKIP tentu saja diharapkan agar setiap data yang dimasukkan akan saling terintegrasi, sehingga penyusunan LAKIP lebih efisien dan efektif. Disamping itu, aturan yang menjadi acuan adalah peraturan yang baru sehingga sangat tepat digunakan bagi instansi pemerintah. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan dan aman dari segi keamanan datanya. Oleh karena itu eLAKIP sangat tepat digunakan untuk mempercepat dan mempermudah penyusunan LAKIP.

Tujuan E-LAKIP adalah sebagai berikut :
1. Membuat seragam format laporan
2. Format laporan dapat dimodifikasi sesuai user
3. Perhitungan target secara otomatis berdasarkan database RKKAL
4. Data realisasi anggaran dapat diimport dari e-monev (elektronik monitoring evaluate)
5. Penyusunan LAKIP dapat seragam
6. File LAKIP dapat didownload dari semua komputer yang terhubung ke jaringan

Untuk masuk ke aplikasi e-LAKIP harus login dengan username dan password yang telah ada, seperti tampilan di bawah ini.

E-LAKIP

Setelah user login, maka tampilan e-LAKIP Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat seperti di bawah ini :

Tampilan e-lakip

Lounching E-LAKIP Kejaksaan RI akan dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2013, yang akan dihadiri oleh Jaksa Agung RI bapak Basrief Arief, SH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: